SILABUS dan RPS Etika Bisnis Islam
S I L A B U S
1. Mata Kuliah : Etika Bisnis Islam
2. Kode Mata Kuliah : -
3. Semester : V
4. SKS : 2
5. Fakultas/Program Studi : Syariah dan Ekonomi Islam/Perbankan Islam (PS)
6. Mata Kuliah Prasyarat : Pengantar Ekonomi Islam dan Akhlak Tasawuf
7. Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah Etika Bisnis Islam ini merupakan mata kuliah pilihan utama Program Studi Perbankan Syariah. Mata kuliah ini diajarkan selama satu semester dengan pokok bahasan tentang prinsip dan Sistem Nilai dalam bisnis Islam, bisnis Islam dan teori etikanya, etika dalam Al-Qur’an dan Hadits, etos kerja dalam Bisnis Islam, perilaku produsen, konsumen dan distributor dalam Islam, tanggungjawab sosial perusahaan, persaingan dan larangan bisnis dalam islam dan lembaga arbitrase atas persengketaan bisnis syariah. Tujuan mata kuliah ini agar mahasiswa mengenal dengan baik prinsip dan sistem nilai dalam bisnis Islam sehingga dapat dipraktekan pada kehidupan sehari-hari, serta larangan-larangan dalam bisnis dan persaingan usaha yang sehat. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan dituntut secara praktis untuk melakukan praktek bisnis dan evaluasi atas kegiatannya itu pada diskusi kelompok.
8. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :
a. Sikap :
Mahasiswa mempunyai rasa tanggung jawab dalam melakukan pekerjaan sehari-hari.
Mahasiswa mempunyai sifat jujur dalam melakukan kegiatan dan aktivitas dalam bisnis.
Mahasiswa mempunyai perilaku sopan dan amanat dalam aktivitas bisnis.
b. Pengetahuan :
Mahasiswa mampu memahami dengan baik prinsip dan sistem nilai dalam bisnis islam sesuai dengan norma-norma yang ada dalam al-Qur’an dan Haditas.
Mahasiswa mampu memahami perilaku yang adil dalam bisnis pada saat sebagai produsen, konsumen dan distributor.
c. Keterampilan :
Mahasiswa memiliki keahlian dalam menyelesaikan persengketaan bisnis syariah secara adil.
Mahasiswa memiliki kepercayaan diri dalam melakukan persaingan usaha yang sehat dan terhindar dari praktek-praktek bisnis yang dilarang.
9. Bahan Kajian :
Prinsip dan Sistem Nilai dalam Ekonomi Islam.
Etika dalam Al-Qur’an dan Hadits.
Transaksi dalam bisnis Islam.
Etos Kerja dalam Bisnis Islam.
Perilaku Produsen dalam Islam.
Perilaku Konsumen dalam Islam.
Perilaku Distributor dalam Islam.
Tanggungjawab Sosial Perusahaan dalam Islam.
Konsep Keadilan dalam Bisnis Islam.
Etika profesi dalam bisnis Islam.
Persaingan dan Larangan Bisnis dalam Islam.
Lembaga Arbitrase atas Persengketaan Bisnis Syariah.
10. Referensi :
a. Dr. Abdul Aziz, 2013. Etika Bisnis Perspektif Islam: Implementasi Bisnis Islami Untuk Dunia Usaha. Alfabeta, Bandung.
b. Sofyan S. Harahap, 2011. Etika Bisnis dalam Perspektif Islam. Salemba Empat, Jakarta.
c. Sukrisno Agoes dan I Cenik Ardana, 2013. Etika Bisnis dan Profesi. Salemba Empat, Jajarta.
d. Leonard J. Brooks dan Paul Dunn, 2011. Etika Binis & Profesi untuk Direktur, Eksekutif, dan Akuntan. Salemba Empat, Jakarta.
e. Dr. Khaled ibn Abdul Rahman Al-Jearaisy, 2008. Consumer Behavior An Analytical Studi. Saudi Arabia, King Fahd National Library Cataloging.
f. Dr. Andi Fahmi Lubis, SE., ME., dkk. Hukum Persaingan Usaha Antara Teks & Konteks. GTZ GmbH, Jakarta, 2008.
g. Dr. Abdul Aziz, M.Ag., Ekonomi Sufistik Model Al-Ghazali. Alfabeta, Bandung, 2011.
h. A. Sonny Kerap, 1998. Etika Bisnis Tuntutan dan Relevansinya. Kanisius, Yogyakarta.
Cirebon, 1 September 2016
Pengampu,
Dr. Abdul Aziz, M.Ag
NIP. 197305262005011004 Ketua Jurusan
Sri Roklinasari, S.E., M.Si
NIP. 197308061999032003 Gugus Mutu Fakultas
Achmad Otong Busthomi, Lc., M.Ag
NIP. 197312232007011022
KEMENTRIAN AGAMA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SYEKH NURJATI CIREBON
FAKULTAS SYARIAH DAN EKONOMI ISLAM
Jl. Perjuangan Sunyaragi By Pass Cirebon 45132
Telp.: 0231 8491641, 0231 481264 Fax.: 0231 8491641
E-mail: info@iaincirebon.com Webiste: www.iaincirebon.com
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
Fakultas / Program Studi : Syariah dan Ekonomi Islam / Perbankan Syariah
Mata Kuliah : Etika Bisnis Islam
Kode Mata Kuliah : -
Semester : V Paralel (1, 2, 3, 4, 5, dan 6)
Mata Kuliah Prasyarat : Pengantar Ilmu Ekonomi dan Akhlak Tasawuf
Dosen Pengampu : Dr. Abdul Aziz, M.Ag
Eef Saefullah, M.Ag
M. Anisul Fata, SE., M.E
A CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN YANG DIBEBANKAN PADA MATA KULIAH
1. Sikap :
Mahasiswa mempunyai rasa tanggung jawab dalam melakukan pekerjaan sehari-hari.
Mahasiswa mempunyai sifat jujur dalam melakukan kegiatan dan aktivitas dalam bisnis.
Mahasiswa mempunyai perilaku sopan dan amanat dalam aktivitas bisnis.
2. Pengetahuan :
Mahasiswa mampu memahami dengan baik prinsip dan sistem nilai dalam bisnis islam sesuai dengan norma-norma yang ada dalam al-Qur’an dan Haditas.
Mahasiswa mampu memahami perilaku yang adil dalam bisnis pada saat sebagai produsen, konsumen dan distributor.
3. Keterampilan :
Mahasiswa memiliki keahlian dalam menyelesaikan persengketaan bisnis syariah secara adil.
Mahasiswa memiliki kepercayaan diri dalam melakukan persaingan usaha yang sehat dan terhindar dari praktek-praktek bisnis yang dilarang.
B KEMAMPUAN AKHIR YANG DIRENCANAKAN PADA TIAP TAHAP PEMBELAJARAN UNTUK MEMENUHI CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
Mahasiswa mampu menghafal dan menuliskan ayat-ayat etika bisnis dalam al-Qur’an dan Hadits
Mahasiswa mampu memahami norma-norma etika dalam kehidupan bisnis sehari-hari.
Mahasiswa berprilaku Islami sebagai produsen, konsumen dan distributor.
Mahasiwa mampu menyelesaikan persengketaan bisnis syariah secara adil.
C BAHAN KAJIAN YANG TERKAIT DENGAN KEMAMPUAN YANG AKAN DICAPAI
1. Prinsip dan Sistem Nilai dalam Ekonomi Islam.
2. Etika dalam Al-Qur’an dan Hadits.
3. Transaksi dalam bisnis Islam.
4. Etos Kerja dalam Bisnis Islam.
5. Perilaku Produsen dalam Islam.
6. Perilaku Konsumen dalam Islam.
7. Perilaku Distributor dalam Islam.
8. Tanggungjawab Sosial Perusahaan dalam Islam.
9. Konsep Keadilan dalam Bisnis Islam.
10. Etika profesi dalam bisnis Islam
11. Persaingan dan Larangan Bisnis dalam Islam.
12. Lembaga Arbitrase atas Persengketaan Bisnis Syariah.
D METODE PEMBELAJARAN
Bentuk kegiatan pembelajaran yang digunakan pada mata kuliah ini meliputi:
1. Small Group Discussion dimana dibentuk kelompok kecil (5 – 10) dengan memilih bahan diskusi dan mempresentasikan paper dan mendiskusikan di kelas.
2. Simulasi dengan mempelajari dan menjalankan suatu peran yang ditugaskan kepadanya serta mempraktekan bagaimana cara berbisnis secara syar’i.
3. Cooperative learning dengan membahas dan menyimpulkan masalah/tugas yang diberikan dosen secara berkelompok
4. Problem based learning dengan cara belajar menggali/mencari informasi (inquiry) serta memanfaatkan informasi tersebut untuk memecahkan masalah faktual/yang dirancang oleh dosen.
E WAKTU YANG DISEDIAKAN UNTUK MENCAPAI KEMAMPUAN PADA TIAP TAHAP PEMBELAJARAN
Pertemuan ke Kompetensi Dasar / Tujuan Materi Pokok Strategi Perkuliahan Sumber Bahan (Buku Wajib dan Buku Acuan
1 ( .......... ) Memahami secara mendalam Prinsip dan Sistem Nilai dalam Ekonomi Islam Kontrak kuliah dan Pendahuluan, meliputi:
Prinsip Dasar Ajaran Islam
Sistem Nilai dalam Islam
Sistem Ekonomi Islam Ceramah
2 ( .......... ) Mampu memahami secara mendalam konsep etika dalam al-Qur’an dan Hadits Konsep etika dalam al-Qur’an dan Hadits meliputi:
Ayat-ayat etika dalam al-Qur’an
Hadits-hadits tentang Etika Ceramah dan hafalan
3 ( .......... ) Mampu memahami secara mendalam dan dapat menjalan kan transaksi binsis Islami 1 Konsep transaksi bisnis dalam Islam, meliputi:
Pengertian transaksi bisnis
Jenis dan macam transaksi bisnis Ceramah dan Diskusi kelompok
4 ( .......... ) Mampu memahami secara mendalam dan dapat menjalan kan transaksi binsis Islami 2 Konsep transaksi bisnis dalam Islam, meliputi:
Pengertian transaksi bisnis
Jenis dan macam transaksi bisnis Ceramah dan simulasi bisnis 1
5 ( .......... ) Mampu memahami secara mendalam etos kerja dalam bisnis Islam Konsep ekonomi tentang etos kerja yang meliputi:
Pengertian Etos Kerja
Anjuran untuk Bekerja Keras
Konsep Dasar Kewirausahaan
6 ( .......... ) Mampu menjadi produsen yang berprilaku Islami Karakteristik produsen yang Islami mencakup:
Pengertian produksi dan produsen
Konsep Produksi dalam Al-Qur’an dan al-Hadits
Motif-motif Produksi Islami
Etika Produksi Islami
7 ( .......... ) Mampu menjadi konsumen yang berprilaku Islami Karakteristik konsumen yang Islami mencakup:
Pengertian Konsumsi Islami
Prinsip Dasar Konsumsi Islami
Etika Konsumsi Islami
8 ( .......... ) Ujian Tengah Semester (UTS)
9 ( .......... ) Mampu menjadi distributor / marketing yang berprilaku Islami Karakteristik distributor / marketing Islami mencakup:
Pengertian Distribusi dalam Islam
Distribusi Pendapatan dalam Islam
Etika Distribusi Islami
10 ( .......... ) Mampu memahami secara mendalam dan dapat dipraktekan secara bertanggungjawab sebagai pemilik perusahaan Pertanggungjawaban Sosial Perusahaan (CSR) meliputi:
Konsep Pertanggungjawaban
Teori Pertanggungjawaban Perusahaan
Kritik terhadap Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
Mencari bentuk ideal tanggung jawab sosial perusahaan versi Islam
11 ( .......... ) Mampu memahami secara mendalam keadilan dalam bisnis
dan mampu mempraktekannya Keadilan dalam bisnis mencakup:
Pengertian Keadilan ekonomi
Teori Keadilan dalam Produksi
Teori Keadilan dalam Konsumsi
Mekanisme Keadilan Pasar Islami
12 ( .......... ) Mampu memahami secara mendalam secara jujur dan bertanggungjawab etika profesi Etika profesi meliputi:
Pengertian etika profesi
Etika profesi perbankan
Etika profesi konsultasn
Etika profesi lainnya
13 ( .......... ) Mampu memahami secara mendalam kegiatan-kegiatan yang dilarang dalam persaingan usaha Kegiatan yang dilarang I meliputi:
1. Monopoli
2. Monopsoni
3. Penguasan pasar
14 ( .......... ) Mampu memahami secara mendalam kegiatan-kegiatan yang dilarang dalam persaingan usaha Kegiatan yang dilarang II meliputi:
4. Kegiatan menjual rugi
5. Kecurangan dalam menetapkan biaya produksi
6. persengkongkolan
15 ( .......... ) Mampu memhamai secara mendalam lembaga arbitrase atas persengketaan bisnis syariah Pengertian Ash-Shulhu
Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah
Lembaga Arbitrase Bisnis Syariah
16 ( .......... ) Ujian Akhir Semseter (UAS0
F PENGALAMAN BELAJAR MAHASISWA YANG DIWUJUDKAN DALAM DESKRIPSI TUGAS YANG HARUS DIKERJAKAN OLEH MAHASISWA SELAMA SATU SEMESTER
1. Per-individu membuat resume setiap pertemuan.
2. Per-kelompok ditugaskan untuk mencari permasalahan sesuai dengan topik yang dibahas.
3. Per-kelompok harus mempraktekan usaha bisnis di lingkungan kampus sebagai dasar memunculkan sikap kewirausahaan.
4. Membuat laporan hasil analisis terhadap permasalahan yang dibahas.
G KRITERIA, INDIKATOR, DAN BOBOT PENILAIAN
I. Penilaian
1. Kehadiran : 10 Point
2. Tugas harian : 10 Point
3. Tugas mingguan : 10 Point
4. Project : 15 Point
5. Ujian Tengah Semster (UTS) : 20 Point
6. Ujian Akhir Semster (UAS) : 30 Point
7. Partisipasi Kelas : 5 Point
Total 100 Point
H DAFTAR REFERENSI YANG DIGUNAKAN
1. Buku Wajib
a. Dr. Abdul Aziz, 2013. Etika Bisnis Perspektif Islam: Implementasi Bisnis Islami Untuk Dunia Usaha. Alfabeta, Bandung.
b. Sofyan S. Harahap, 2011. Etika Bisnis dalam Perspektif Islam. Salemba Empat, Jakarta.
2. Buku Acuan/Referensi
a. Dr. Abdul Aziz, M.Ag., Ekonomi Sufistik Model Al-Ghazali. Alfabeta, Bandung, 2011.
b. Sukrisno Agoes dan I Cenik Ardana, 2013. Etika Bisnis dan Profesi. Salemba Empat, Jajarta.
c. Leonard J. Brooks dan Paul Dunn, 2011. Etika Binis & Profesi untuk Direktur, Eksekutif, dan Akuntan. Salemba Empat, Jakarta.
3. Buku Sumber Lain
a. Dr. Khaled ibn Abdul Rahman Al-Jearaisy, 2008. Consumer Behavior An Analytical Studi. Saudi Arabia, King Fahd National Library Cataloging.
b. Dr. Andi Fahmi Lubis, SE., ME., dkk. Hukum Persaingan Usaha Antara Teks & Konteks. GTZ GmbH, Jakarta, 2008.
c. Prof. Drs. C.S.T. Kansil, S.H., dan Christine S.T. Kansil, S.H., M.H., Kitab Undang-Undang Hukum Perusahaan. PT Pradnya Paramita, Jakarta, 2000.
Komentar
Posting Komentar